Sabtu, 14 September 2013

Contoh Merangkum Buku Ilmu Pengetahuan Populer



Merangkum Buku Ilmu Pengetahuan Populer

            Bab – bab yang dilaporkan pada buku berjudul Budidaya Tanaman Kangkung , karangan Ari Wiyati Purwandari yang diterbitkan pada tahun 2006 oleh penerbit bernama Azka Press di Jakarta. Dibawah ini dikemukakan judul – judul yang dilaporkan.

1.      “ Prospek Budi Daya Kangkung “
2.      “ Botani Kangkung“
3.      “ Syarat Tumbuhan Tanaman Kangkung”
4.      “ Budidaya Kangkung”
5.      “ Manfaat Lain Kangkung”
6.      “ Berbagai Masakan dari Kangkung”, serta
7.      “ Analisis Usaha Tani”

● Pokok – pokok isi bab
            Secara garis besar pokok – pokok materi pembelanjaran dapat digambarkan dalam uraian dibawah ini.

a.      Bab 1, “Prospek Budi Daya Kangkung”
Pada bab ini, pengarang membahas mengenai usaha budi daya sayuran. Dalam usaha intensifikasi pekarangan, pemilihan jenis sayuran yang mudah ditanam dan cepat menghasilkan contohnya adalah kangkung. Hal ini karena kangkung sangat cocok diterapkan untuk tujuan perbaikan gizi keluarga dan meningkatkan pendapatan.

b.     Bab 2, “ Botani Kangkung”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai jenis – jenis kangkung. Jenis - jenis kangkung  yang umum dibudidayakan terdiri dari dua macam yaitu kangkung air dan kangkung darat.

c.      Bab 3, “ Syarat tumbuhan Tanaman kangkung”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai syarat tumbuh tanaman kangkung. Syarat tumbuh tanaman kangkung meliputi syarat iklim dan syata tanah. Kondisi tanah yang ideal untuk pertumbuhan kangkung berbeda, tergantung jenis tanamannya.

d.     Bab 4, “ Budi Daya Kangkung”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai bagaimana cara budidaya tanaman kangkung. Budidaya tanaman kangkung dimulai dengan penyiapan lahan. Diikuti dengan penyiapan bahan tanaman, penanaman, pemeliharaan tanaman, dan pemanenan.

e.      Bab 5, “ Mamfaat Lain Kangkung”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai mamfaat lain kangkung. Selain sebagai tanaman sayur, kangkung juga berkhasiat sebagai anti racun, anti radang, dan dapat digunakan untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan

f.       Bab 6, “ Berbagai Masakan dari Kangkung”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai berbagai masakan dari kangkung. Kangkung dapat diolah menjadi berbagai makan yang enak untuk dinikmati. Masakan tersebut diantaranya tumis sayuran, mi kangkung, cah kangkung taoco dan lain-lain.

g.      Bab 7, “ Analisis Usaha Tani”
Pada subbab ini, pengarang membahas mengenai analisis usaha tani. Analisis kelayakan dalam suatu usaha tani perlu dilakukan agar tidak terjadi biaya produksi lebih tinggi daripada hasil yang diperoleh.



● Kebaikan atau keunggulan bab yang dilaporkan
          Dengan adanya buku ini, kita dapat menambah pengetahuan kita mengenai budidaya tanaman kangkung dan juga mengolahnya menjadi makanan sehat dan juga sehat.

● Pendapat Pribadi
Menurut kami, buku yang berjudul Budi Daya Tanaman Kangkung sangat bermamfaat bagi banyak orang. Namun, dalam buku ini terdapat kekurangan yaitu terletak pada penggunaan tanda baca yang kurang tepat dibeberapa kalimat.

● Kesimpulan
            Jadi, berdasarkan pembahasan pada bab - bab sebelumnya, akhirnya dapat ditarik bahwa Budidaya Kangkung Diperlukan karena dapat menunjang dan meningkatkan perekonomian. Kangkung termasuk sayuran yang sangat populer di indonesia. Selain itu juga, kangkung juga bermanfaat bagi penyembuhan berbagai penyakit diantaranya, mengurangi Haid yang terlalu banyak, mengatasi keracunan makanan, kencing darah dan lain – lain.


DAFTAR PUSTAKA

·        Purwandari,
·        Ari wiyati.
·        2006.
·        Budidaya Tanaman Kangkung.
·        Jakarta;
·        Azka press.

Purwandari, Ari Wiyati. 2006. Budidaya tanaman kangkung. Jakarta: Azka Press.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar